Cara Membuat Las Listrik Menggunakan Air
Cara Membuat Las Listrik Menggunakan Air

Cara Membuat Las Listrik Menggunakan Air

Pengantar

Anda pasti sudah familiar dengan las listrik. Alat yang digunakan untuk menggabungkan dua benda dengan cara mencairkan logam dengan arus listrik. Namun, tahukah Anda bahwa las listrik bisa dibuat menggunakan air? Ya, Anda tidak salah baca. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, kita bisa membuat las listrik sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat las listrik menggunakan air.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:- Baterai 12 Volt- Kabel tembaga berdiameter 1,5 mm- Kabel tembaga berdiameter 2,5 mm- Kabel tembaga berdiameter 4 mm- Elektroda karbon- Air- Garam dapurPastikan baterai yang digunakan memiliki daya yang cukup untuk menghasilkan arus listrik yang kuat.

Hubungi Service Panggil di wilayah anda dengan menggunakan tombol di atas

Langkah Pertama: Membuat Elektroda Karbon

Elektroda karbon ini berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan sebatang pensil yang sudah tumpul. Potong pensil tersebut dengan panjang sekitar 10 cm. Kemudian, bakar pensil tersebut hingga terbakar habis. Setelah itu, biarkan abu pensil tersebut dingin. Abunya itulah yang akan digunakan sebagai elektroda karbon.

Langkah Kedua: Menyiapkan Air dan Garam Dapur

Setelah memiliki elektroda karbon, siapkan air dalam sebuah wadah. Tambahkan garam dapur secukupnya ke dalam air. Hal ini bertujuan untuk membuat air menjadi penghantar listrik yang baik.

Langkah Ketiga: Membuat Kabel Listrik

Untuk membuat kabel listrik, ambil kabel tembaga dengan diameter 1,5 mm. Potong kabel tersebut sepanjang 10 cm. Kemudian, kupas ujung kabel tersebut sepanjang 2 cm. Lakukan hal yang sama untuk kabel tembaga dengan diameter 2,5 mm dan 4 mm.

Langkah Keempat: Merakit Las Listrik

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya merakit las listrik Anda. Caranya, hubungkan kabel tembaga berdiameter 1,5 mm pada elektroda karbon. Kemudian, hubungkan kabel tembaga berdiameter 2,5 mm pada ujung kabel tembaga berdiameter 1,5 mm. Setelah itu, hubungkan kabel tembaga berdiameter 4 mm pada ujung kabel tembaga berdiameter 2,5 mm.

Langkah Kelima: Tes Las Listrik

Setelah merakit las listrik, saatnya melakukan tes. Celupkan ujung elektroda karbon ke dalam air yang sudah ditambahkan garam dapur. Kemudian, hubungkan ujung kabel tembaga berdiameter 4 mm pada baterai 12 Volt. Jika sudah, dekatkan ujung elektroda karbon dengan kedua benda yang ingin digabungkan. Anda akan melihat api kecil keluar dari elektroda karbon. Itulah las listrik yang Anda buat sendiri.

Kesimpulan

Membuat las listrik menggunakan air memang terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, kita bisa membuat las listrik sendiri di rumah. Selain itu, las listrik ini juga sangat berguna untuk menjawab kebutuhan las di rumah yang tidak terlalu besar.

People Also Ask

– Apa keuntungan dari membuat las listrik sendiri?Jawab: Keuntungan membuat las listrik sendiri adalah kita bisa menghemat biaya dan juga membuat kita lebih mandiri dalam melakukan pekerjaan las.- Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat las listrik menggunakan air?Jawab: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain baterai 12 Volt, kabel tembaga berdiameter 1,5 mm, kabel tembaga berdiameter 2,5 mm, kabel tembaga berdiameter 4 mm, elektroda karbon, air, dan garam dapur.- Apakah sulit membuat las listrik menggunakan air?Jawab: Tidak sulit, karena bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan langkah-langkahnya juga cukup sederhana.

Related video of Cara Membuat Las Listrik Menggunakan Air