Cara Membuat Kulkas Tanpa Listrik
Cara Membuat Kulkas Tanpa Listrik

Cara Membuat Kulkas Tanpa Listrik

Pengantar

Siapa yang tidak ingin memiliki kulkas? Alat ini sangat berguna untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan pemadatan listrik atau pemadaman listrik yang tiba-tiba. Tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk membuat kulkas tanpa listrik. Ingin tahu caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Bahan-Bahan

Untuk membuat kulkas tanpa listrik, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:1. Kotak kayu atau kotak busa poli2. Baskom atau wadah yang lebih besar dari kotak kayu atau kotak busa poli3. Kain4. Tanah liat5. Es batu

Hubungi Service Panggil di wilayah anda dengan menggunakan tombol di atas

Cara Membuat

1. Pertama, letakkan kotak kayu atau kotak busa poli di dalam baskom atau wadah yang lebih besar.2. Setelah itu, letakkan kain di dalam kotak kayu atau kotak busa poli. Pastikan kain tersebut menutupi seluruh permukaan kotak.3. Selanjutnya, campurkan tanah liat dengan air hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk.4. Bentuk adonan tanah liat menjadi dinding pada kotak kayu atau kotak busa poli. Jangan lupa untuk membuat pintu pada kotak.5. Setelah itu, biarkan adonan tanah liat kering selama beberapa jam.6. Setelah adonan tanah liat kering, masukkan es batu ke dalam kotak kayu atau kotak busa poli.7. Tutup pintu kotak dengan kain.

Cara Kerja

Kulkas tanpa listrik ini bekerja dengan cara mengambil panas dari makanan dan minuman yang ada di dalam kotak kayu atau kotak busa poli melalui kain. Es batu yang ada di dalam kotak melakukan pendinginan pada makanan dan minuman.

Keuntungan

Membuat kulkas tanpa listrik memiliki keuntungan. Selain tidak memerlukan listrik, kulkas ini juga ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan gas rumah kaca.

Kesimpulan

Membuat kulkas tanpa listrik ternyata tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa bahan dan sedikit usaha. Selain itu, kulkas ini juga memiliki keuntungan, seperti tidak memerlukan listrik dan ramah lingkungan.Hanya saja, kulkas tanpa listrik ini tidak dapat menyimpan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jika Anda ingin menyimpan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lama, Anda tetap memerlukan kulkas dengan listrik.Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan saat menggunakan kulkas tanpa listrik.Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan:1. Apakah kulkas tanpa listrik bisa menyimpan makanan dalam jangka waktu lama?Tidak, kulkas tanpa listrik tidak dapat menyimpan makanan dalam jangka waktu lama.2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulkas tanpa listrik?Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulkas tanpa listrik antara lain kotak kayu atau kotak busa poli, baskom atau wadah yang lebih besar dari kotak kayu atau kotak busa poli, kain, tanah liat, dan es batu.3. Apa keuntungan membuat kulkas tanpa listrik?Keuntungan membuat kulkas tanpa listrik antara lain tidak memerlukan listrik, ramah lingkungan, dan tidak mengeluarkan gas rumah kaca.

Related video of Cara Membuat Kulkas Tanpa Listrik